Senin, 04 Mei 2009

E-Business: Past-Current-Future of Hobby Japan Online

HOBBY JAPAN – www.hobbyjapanonline.com

SEBELUM
Hobby Japan telah menjual dan melayani pemesanan berbagai barang-barang hobi sebelum teknologi Internet berkembang di Indonesia, dan ketika teknologi internet dikembangkan Hobby Japan langsung mendesain sebuah website yang bisa memberikan informasi seputar barang-barang yang mereka jual, meski untuk pemesanannya masih secara tradisional, pembeli harus datang ke tokonya.

SAAT INI
Website yang dikelola Hobby Japan telah diperbaharui, selain tampilannya juga informasi barang yang lebih lengkap. Selain itu juga diberikan informasi mengenai anime apa yang masuk best seller. Selain itu ditambahkan fitur pemesanan via e-mail yang lebih mudah, kita tidak perlu membuka account email kita terlebih dahulu, cukup meng-klik menu e-mail pada website Hobby Japan, dan halaman pengetikan email langsung terbuka (berupa outlook).

KEDEPANNYA
Website Hobby Japan sebaiknya lebih dikembangkan dengan menambahkan fitur pemesanan online tanpa menggunakan email. Selain itu juga, fitur yang penting untuk dikembangkan juga adalah fitur pembayaran dengan kartu kredit. Tentunya ini memerlukan sistem yang menunjang dan memiliki keamanan tinggi, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pembayaran.
Bila hal diatas dapat diaplikasikan, maka dapat dipastikan bahwa Hobby Japan akan memperoleh penghematan waktu yang cukup besar, karena pihak Hobby Japan dan pembeli tidak perlu selalu bertukar e-mail dalam proses pemesanan barang. Hal ini juga akan berdampak pada jumlah pelanggan yang membeli secara online, karena pembeli dari luar Jakarta akan lebih memilih belanja di Hobby Japan daripada di toko-toko di daerah mereka. Karena Hobby Japan mampu menawarkan harga yang lebih kompetitif daripada toko-toko lainnya.

Tidak ada komentar: