Senin, 13 April 2009

Six Strategy Review

For a company with which you are familiar with, review the six strategy definition choices

GILAKOLEKSI.COM
Gilakoleksi didirikan oleh orang-orang yang terobsesi dengan Anime dan produk-produk Anime. Melihat pertumbuhan penggemar Anime semakin pesat di Indonesia, Gilakoleksi mencoba untuk berpartisipasi membudayakan kultur Anime di Indonesia seperti halnya di Jepang. Gilakoleksi didirikan September 2004.

Gilakoleksi berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia agar dapat membeli produk-produk Anime dan mainan koleksi lainnya dengan harga yang kompetitif, dan tentunya dengan layanan jual yang profesional. Seiiring dengan pertumbuhannya, untuk menjadi toko online terlengkap yang dapat menawarkan berbagai produk Anime kepada konsumen.

Decision 1: E-Biz channel priorities

Website gilakoleksi.com berada dalam fase brick and click. Pertama kita harus register terlebih dahulu agar dapat melakukan transaksi secara online. Lalu kita bisa melihat-lihat barang yang tersedia beserta informasinya. Dimana setelah melihat informasi dari barang-barang yang tersedia, kita dapat memesan barang sesuai dengan keinginan kita.

Proses pemesanan:

  1. Click "add to cart" di bawah product yg anda pilih
  2. Product yg anda pilih akan tertera pada kotak yg berada di kiri
  3. Setelah selesai memilih
  4. Click "view details" pada cart summary
  5. Anda bisa mengganti jumlah barang dan click update
  6. Jika anda puas dengan pilihan nya click "Check out"
  7. Halaman berikut click pada tombol "Place order"
  8. Anda akan melihat di email summary barang yg anda pilih

Proses pembayaran:

  1. Kirim email ke gilakoleksi@gmail.com dengan menyertakan informasi berikut.
    1. Nama barang dan Jumlah yang dibeli
    2. Nama (sesuai rekening bank)
    3. Nomor rekening BCA ( 4 nomer terakhir)
    4. No hp (apabila ingin mempercepat pembayaran dengan menerima konfirmasi lewat sms)
    5. Alamat tujuan, metode pengiriman
  2. Setelah menerima email, Gilakoleksi akan memproses dan mengirimkan email berisi: nomor bon pembelian, alamat tujuan, dan konfirmasi untuk memindahkan dana ke rekening Gilakoleksi sesuai dengan total pesanan dan biaya pengiriman. Konfirmasikan alamat tujuan. Apabila ada kesalahan pada alamat pengiriman yang berikan, Gilakoleksi tidak bertanggung jawab atas hilangnya barang.
  3. Setelah membayar, kirim email ke gilakoleksi@gmail.com dengan subjek: PEMBAYARAN. dan nomor bon atau sms ke contact person Gilakoleksi
  4. Setelah Gilakoleksi memeriksa dana yang dikirimkan, Gilakoleksi akan mengirim pesanan dan mengirim email berisi tracking code barang.
  • Bagi pelanggan yang berada di Jakarta dan lebih suka untuk mengambil barang belanjaan sendiri dapat menghubungi Gilakoleksi lewat email.
  • (Khusus Jakarta) Apabila anda merasa lebih nyaman untuk membayar kontan dan mengambil barang sendiri, dapat menghubungi Gilakoleksi. Gilakoleksi akan menyisihkan barang pada tempat yang ditentukan pada hari yang ditentukan. Barang hanya akan disisihkan hanya pada hari tersebut. Apabila transaksi pembelian tidak diselesaikan pada hari tersebut, Gilakoleksi tidak dapat menyimpan untuk hari lain kecuali pembayaran telah dilakukan. Karena penjualan belum selesai sampai barang dibayar, Gilakoleksi berhak menjual barang tersebut kepada pelanggan lain apabila pembeli tidak menyelesaikan pembayaran pada hari yang ditentukan.

Tentunya website ini masih belum sempurna dan kekurangan dari website ini adalah terletak pada proses pemesanan yang dilakukan sangat tidak praktis, dimana pemesan tidak langsung dapat menggunakan kartu kredit. Tetapi dengan menunggu dulu konfirmasi via email dan harus transfer. Gilakoleksi sebaiknya meningkatkan pelayanannya untuk belanja online yang dimilikinya dengan lebih memfokuskan lagi pada transaksi online dan juga lebih dipermudah jika ada yang mau memesan barang secara online karena sekarang ini persaingan yang ada di pasar semakin ketat.

Decision 2: Organizational Restructuring and Capabilities

Gilakoleksi didirikan secara online terlebih dahulu, baru mereka membuka sebuah toko di ITC Permata Hijau Lt 2 blok B1 No: 1. Model business toko konvensional dengan website yang dimiliki oleh Gilakoleksi mempunyai hubungan yang cukup erat dimana Gilakoleksi mamajang barang-barang yang tersedia di website pada tokonya. Pada Gilakoleksi, model business yang diterapkan adalah in-house division, dimana ada divisi khusus yang tugasnya mengurusi dan mengupdate website Gilakoleksi serta mengatur barang-barang yang akan ditampilkan di tokonya.

Decision 3: Business, Service and Revenue Model

Pada toko Gilakoleksi ataupun websitenya menjual produk-produk dari berbagai produsen. Bisnis model dari Gilakoleksi adalah pelanggan tidak perlu datang ke toko jika ingin membeli barang, melainkan dapat lewat online. Untuk servis model dari Gilakoleksi adalah dengan tersedianya pesan antar bagi pemesanan dan pembelian secara online. Revenue Model untuk Gilakoleksi adalah pendapatan yang diterima langsung oleh Gilakoleksi setelah transaksi via transfer berhasil diterima untuk pembelian barang yang dilakukan oleh pemesan. Untuk kedepannya tentunya Gilakoleksi masih harus menambahkan dan menyempurnakan websitenya dengan fungsi-fungsi yang lengkap salah satunya adalah dengan menjaga hubungan yang terjalin dengan supplier dan perusahaan sejenis lainnya. Dimana hal ini tentunya akan berujung pada servis yang lebih baik kepada pelanggan dimana pelanggan bisa mendapatkan informasi barang lebih cepat dan juga lebih murah.

Decision 4: Marketplace Restructuring

Gilakoleksi tidak terlalu berfokus pada marketplace restructuring, karena website ini sebetulnya diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak ada waktu untuk datang ke toko. Website ini dibuat untuk mempermudah pemesan dalam mencari informasi tentang barang hobi yang diinginkan dan memesan barang yang diinginkan tanpa harus repot-repot ke toko.

Decision 5: Market & Product Development Strategies

Market development strategies dari Gilakoleksi adalah dengan menerapkan e-business. Dimana penerapan e-business yang dilakukan tentunya agar Gilakoleksi meraih segmen pasar yang lebih luas juga revenue yang lebih besar lagi. Product development strategies pada website Gilakoleksi saat ini hanya berfokus pada penjualan barang saja. Target market dari Gilakoleksi adalah orang-orang yang sibuk yang tidak punya waktu luang untuk membeli barang hobi di toko-toko hobi, sehingga Gilakoleksi mempermudah dengan menyediakan website dimana orang-orang tersebut dapat memesan barang secara online, dan setelah di transfer akan di delivery ke alamat yang diminta oleh pemesan.

Decision 6: Positioning and Differentiation Strategies

Untuk memantapkan posisi produk dan servisnya, Gilakoleksi menjalankan beberapa strategi. Salah satunya, Gilakoleksi memungkinkan pelanggannya memesan produk secara online. Strategi lainnya adalah harga yang ditawarkan oleh Gilakoleksi secara online juga sama seperti tokonya. Biaya yang masih harus dikeluarkan oleh pemesan adalah ongkos kirim berdasarkan pada berat barang yang dipesan biasanya hitungannya per kg. Gilakoleksi juga menjalankan transactional excellence dimana pelanggan Gilakoleksi bisa mendapat kepuasan transaksi yang maksimal dengan membeli lewat website Gilakoleksi (pesan, transfer, dan dapatkan barang yang dipesan). Website Gilakoleksi masih belum terlalu sempurna, diharapkan kedepannya Gilakoleksi dapat menambah fungsi-fungsi website dimana dapat menambahkan sistem pembelanjaan online dengan kartu kredit dan mempermudah proses pemesanan.

Source:

http://www.gilakoleksi.com/

Tidak ada komentar: